Bensin Habis Pas Jalan Mudik, Tenang! Ada Motor ‘Penyelamat’

Pertamina menyiapkan mobil pickup dan sepeda motoris pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Rest Area 379 A Ruas Batang-Semarang, Minggu (16/4/2023). (Dok: Pertamina)

PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapannya dalam mengamankan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG selama arus mudik lebaran tahun 2023. Salah satunya yakni dengan menyiapkan sepeda motor untuk layanan antar bahan bakar selama masa arus mudik.

Senior Supervisor Communication & Relation Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Marthia Mulia Asri mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan bensin saat melakukan perjalanan mudik di jalan tol. Pasalnya perusahaan telah menyiapkan motoris untuk menyalurkan BBM di tengah kemacetan di jalan tol.

Menurut Marthia, di ruas tol Jawa Tengah sendiri misalnya, Pertamina telah menyiapkan 91 motoris dan 3 mobil pickup pembawa BBM untuk kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang kehabisan bensin dapat menghubungi call centre Pertamina 135.

“Petugas akan langsung menanyakan titik berhenti dan mengarahkan petugas untuk segera menuju titik pelanggan. Petugas akan tiba ke lokasi pelanggan sekitar 15-20 menit,” ujar Martha saat ditemui di Rest Area Tol Batang-Semarang KM 379, Senin (17/4/2023).

Marthia mengatakan setelah konsumen menghubungi petugas, maka petugas akan langsung membawa kebutuhan BBM pelanggan baik itu Pertamax, Pertamax Turbo ataupun Dexlite. Adapun, untuk satu kali transaksi, petugas akan membawakan 10 liter BBM yang diprediksi cukup untuk membawa pemudik sampai ke SPBU atau rest area selanjutnya.

“Pelanggan bisa melakukan pembayaran melalui cash. Pelanggan juga tidak perlu khawatir karena pihak petugas juga akan dikawal oleh polisi sehingga keamanan proses pengisian BBM aman,” ujar Martha.

Selain itu, Pertamina juga telah menyediakan SPBU Modular (Pertashop) di Rest Area tipe B atau ukuran yang lebih kecil di sepanjang jalur tol trans Jawa Tengah sebanyak 12 unit. SPBU Modular ditujukan untuk memecah kepadatan di SPBU rest area yang lebih besar. Sehingga diharapkan tidak ada penumpukan maupun antrian yang panjang dari para pemudik.

“Jika SPBU di rest area besar sudah penuh, para pemudik bisa mengisi BBM di SPBU Modular (Pertashop) di rest area kecil selanjutnya,” ujar Marthia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*