Jelang Debat Capres Terakhir, KPU Perpanjang Durasi Segmen Penutup Jadi 4 Menit

jelang-debat-capres-terakhir-kpu-perpanjang-durasi-segmen-penutup-jadi-4-menit

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi memperpanjang durasi segmen penutup pada debat capres 2024 terakhir yang akan digelar pada Minggu (4/2/2024), dari 2 menit menjadi 4 menit.

Debat terakhir atau kelimat Pilpres 2024 akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Debat kali ini akan diikuti ketiga capres yaitu capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, tim dari ketiga pasangan capres-cawapres memberikan usulan untuk menambah durasi segmen keenam atau penutup debat, selama 2 menit.

KPU pun akhirnya mengabulkan usulan tersebut. Komisioner KPU August Mellaz mengatakan hal tersebut sudah diputuskan berdasarkan kesepakatan antara KPU, tim pasangan calon (paslon), dan stasiun TV penyelenggara.

Meski ada penambahan durasi, Mellaz mengatakan waktu dan segmen dari pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan termasuk total durasi penyelenggaraan debat yang tetap 120 menit.

Hal itu karena tambahan durasi 2 menit itu diambil dari waktu untuk moderator.

“Kami sudah kelola itu, dan sudah kami atur. Dan kemudian nanti khusus di segmen keenam atau penutup maka alokasi waktu untuk closing statement (pernyataan penutup, red) dari masing-masing calon presiden akan dipenuhi sebanyak 4 menit masing-masing paslon,” kata Mellaz dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga: Debat Terakhir, Pengamat Minta Capres-cawapres Fokus Adu Ide

Ia menambahkan, 12 panelis yang bertugas juga telah mengonfirmasi kesediaan mereka dan akan mulai melaksanakan proses karantina mulai Jumat (2/2/2024) malam sampai Minggu (4/2/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*