Kalah War & Gaji Pas-pasan, Ada Jalan Pintas Nonton Coldplay?

Tiket Coldplay.

Selamat buat yang sudah menang Tiket War Coldplay hari ini. Buat yang belum, masih ada hari esok dan tidak perlu sampai membelinya di harga lebih mahal alias premium. Kalaupun belum rezeki, tidak perlu juga sampai jual aset atau pinjam dana.

Meskipun banyak komentar berseliweran https://37.1.221.205/ di media sosial yang mengatakan bahwa “uang bisa dicari, konser Coldplay cuma sekali,” tetaplah tidak bijak jika Anda terlalu memaksakan diri untuk hal yang satu ini.

Khusus buat Anda yang pendapatan masih dalam kategori pas-pasan, tidak perlu memaksakan diri untuk hal yang satu ini karena perjalanan Anda untuk merdeka finansial masih panjang dan hal itu jauh lebih penting daripada konser Coldplay.

Namun bukan berarti Anda yang bergaji pas-pasan sama sekali tidak boleh nonton konser Coldplay. Bergaji pas-pasan tapi memiliki tabungan yang “cukup” tentu masih layak untuk ikutan Tiket War selanjutnya.

Lantas seperti apa kategori tabungan yang “cukup” bagi mereka yang bergaji pas-pasan untuk bisa ikutan Tiket War Coldplay? Berikut ulasannya.

Tabungan yang tak termasuk dana darurat

Sudah seharusnya, “tabungan” yang dimaksud adalah tabungan menganggur di luar dari dana darurat.

Seperti diketahui, jumlah dana darurat yang ideal tentu berbeda untuk setiap orang. Mereka yang lajang cukup dengan tiga kali pengeluaran bulanan, sementara yang sudah menikah butuh minimal enam kali pengeluaran bulanan.

Sudah berulang kali dijelaskan bahwa dana darurat ditujukan untuk mengantisipasi segala pengeluaran yang bersifat mendesak atau tak terprediksi. Sebut saja seperti untuk mereparasi gadget yang rusak jika dipakai kerja, mengganti suku cadang kendaraan, hingga menanggung hidup di kala Anda kehilangan penghasilan.

Jika total tabungan Anda masih setara dengan dana darurat, maka Anda sejatinya “belum bisa” dikatakan memiliki tabungan.

Apabila Anda bersikeras menggunakan dana tersebut, maka dana darurat akan terkuras dan di bulan depan Anda harus mengembalikan ke jumlah idealnya.

Sementara itu jika total tabungan Anda nilainya masih di bawah dana darurat, maka alangkah lebih baik untuk menunda Coldplay terlebih dulu demi mengamankan kondisi keuangan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*