Misteri Batu Terbelah di Arab Saudi Disangka Buatan Alien

Misteri Batu Terbelah di Arab Saudi Disangka Buatan Alien

Baru terbelah di Arab Saudi. (File Photo/Getty Images)

Misteri seputar bagaimana batu raksasa terbelah dua dengan sempurna di gurun Arab Saudi akhirnya terpecahkan.

Para ahli teori konspirasi telah lama menduga bahwa ‘laser alien’ bisa jadi penyebabnya, namun ada penjelasan ilmiah yang lebih mungkin jadi penyebabnya.

Formasi batu raksasa Al Naslaa yang terletak di oasis Tayma, Arab Saudi, sudah lama memunculkan bermacam spekulasi. Bentuk pecahannya yang aneh membuat banyak orang berpikir itu ulah alien. Batu tersebut terbelah dengan sangat rapi seperti dipotong https://rtpkas138.skin/ menggunakan laser.

Hal ini sangat tidak biasa sehingga menjadi daya tarik wisata dan membuat beberapa orang mengira alien mengunjungi gurun Arab Saudi ribuan tahun yang lalu.

Salah satu video konspirasi YouTube mengklaim bahwa batu tersebut adalah bukti awal “teknologi tinggi”, yang berarti bahwa peradaban kuno mungkin lebih maju dari yang diperkirakan saat ini.

Seorang pengguna Reddit mengatakan “Saya tidak mengatakan itu alien, tapi itu alien.”

Yang lain menjawab “Pasti alien”.

Dan, yang lain berkata ‘Saya, misalnya, menyambut tuan alien laser laser baru kami.’

Perpecahan batu tersebut mungkin terlihat terlalu sempurna untuk disebabkan oleh hal yang bersifat alamiah. Namun beberapa ilmuwan berpendapat ada penjelasan yang cukup masuk akal.

Ahli geologi Cherry Lewis mengatakan belahan pada batu tersebut bisa saja terbentuk karena proses yang disebut pelapukan “freeze-thaw”. Ini bisa terjadi ketika air masuk ke celah kecil di batu.

“Saat suhu turun, air membeku dan mengembang yang menyebabkan retakan semakin melebar dan memanjang,” kata dia, dikutip dari The Sun,┬áKamis (21/12/2023).

“Saat es mencair, air masuk semakin dalam ke dalam celah tersebut,” imbuhnya.

Proses ini bisa berulang hingga batu terbelah menjadi dua.

Lewis mengatakan, proses ini, ditambah dengan erosi angin yang di lingkungan gurun rasanya seperti ledakan pasir, juga dapat menjelaskan mengapa batu tersebut berdiri sendiri seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*