Wamendag & Novel Baswedan Gerebek Gudang Misterius Isinya Ini

Wamendag Jerry Sambuaga dan Novel Baswedan grebek ke pabrik produk pelumas ilegal di Tangerang, Banten, Senin (17/4/2023). (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Siang ini, Senin (17/4/2023) Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan mengekspos hasil temuan produk pelumas ilegal di sebuah gudang di daerah Tangerang, Banten. Jerry ditemani Eks Ketua Wadah Pegawai KPK yang kini menjadi Wakil Satuan Tugas Khusus Pencegahan Korupsi (Satgassus) Polri Novel Baswedan.

Sebuah gudang yang berlokasi di Gang Ambon Blok C Kelurahan Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten diketahui telah menjadi tempat penyimpanan dari produk pelumas ilegal.

Saat melakukan peninjauan di gudang tersebut, Jerry nampak geleng-geleng kepala, tidak habis pikir dengan tindak kriminal yang dilakukan oknum dalam memalsukan produk pelumas merek ternama. Bahkan kemiripannya bisa dikatakan hampir sama persis hingga tak bisa dibedakan secara kasat mata.

“Kacau, kacau banget ini,” ujar Jerry saat melakukan peninjauan di dalam gudang tempat penyimpanan pelumas-pelumas palsu tersebut.

“Ini hampir sama persis, sampai tak bisa dibedakan (secara kasat mata),” lanjut dia.

Adapun nilai kerugian atas tindak kriminal ini, kata Jerry, adalah sebesar Rp 16,5 miliar.

Sementara itu, Jerry menyebut tindak kriminal pemalsuan pelumas palsu atau ilegal ini sudah berlangsung sejak 3 tahun yang lalu.

“Ini sudah beroperasi dari 3 tahun yang lalu,” ujarnya.

Jerry menyebut temuan dan laporan awal dari terungkapnya tindak kriminal pemalsuan produk pelumas palsu atau ilegal ini berawal dari aduan masyarakat.

“Temuan dan laporan awalnya dari masyarakat. Ini melanggar undang-undang konsumen. Ini tidak boleh karena merek-merek yang seharusnya diproduksi oleh produsen (legal) tapi malah dipalsukan oleh oknum,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*