Waspada! Pandemi Mirip Covid Diramal Muncul Lagi

Infografis/ Mayoritas Kota DI RI Miliki Kasus Aktif Covid-19 Di Bawah 100

Ada kemungkinan pandemi mematikan seperti Covid-19 dapat terjadi lagi. Bahkan potensinya mencapai 27,5% dalam satu dekade mendatang.

Hal ini dikatakan studi Airfinity Ltd, perusahaan data kesehatan berbasis di Inggris. Ini karena virus lebih sering muncul ke depannya.

Airfinity menyebut perubahan iklim, pertumbuhan perjalanan internasional, peningkatan populasi, dan ancaman yang ditimbulkan oleh penyakit zoonosis berkontribusi pada risiko tersebut. Tetapi jika vaksin yang efektif diluncurkan 100 hari setelah penemuan patogen baru, kemungkinan pandemi mematikan turun menjadi 8,1%, menurut data perusahaan tersebut.

Namun meroketnya tingkat pada burung dan peningkatan serangan pada mamalia telah menimbulkan kekhawatiran. Di mana para ilmuwan dan pemerintah khawatir virus tersebut mungkin bermutasi dengan cara yang dapat membuatnya lebih mudah menyebar.

Sebagai informasi, banyak patogen berisiko tinggi seperti MERS dan zika tidak memiliki vaksin atau perawatan yang disetujui. Sementara kebijakan pengawasan yang ada tidak mungkin mendeteksi pandemi baru secara tepat waktu, sehingga menyoroti kebutuhan mendesak akan langkah-langkah kesiapsiagaan pandemi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*